Agar Disiplin Efektif

Diposting oleh Homeschooling Primagama di 07.15

  • Mulailah dari aktivitas sehari-hari. Misal, keteraturan dalam hal waktu makan, tidur, mandi, main, nonton TV, dan sebagainya. Begitu pun dalam hal mengganti pakaian tidur ketika akan tidur, meletakkan baju kotor di tempatnya, mencuci tangan sebelum makan, dan sebagainya. 
  • Jangan terlalu banyak aturan karena akan menghambat dorongan alaminya untuk mandiri. Akibatnya, ia akan memberontak. Bisa juga ia jadi tunduk, semata karena takut dihukum.
  • Tetapkan dan terapkan aturan/larangan dengan kasih sayang. Ini memberinya kesempatan untuk memahami mengapa ia harus berdisiplin. Aturan yang otoriter membuat ia kehilangan disiplin dirinya saat berada di luar pengawasan Anda. Ia pun dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang tak mampu membuat pilihan secara bijaksana. 
  • Beri perhatian kala ia bersikap baik. Seringlah memuji atau memberinya penghargaan kala ia mematuhi aturan.
  • Jangan bilang ia anak nakal/bandel/jahat atau lainnya yang sejenis itu, kala ia melanggar disiplin. Lebih baik katakan, "Bunda enggak suka dengan cara kamu menyimpan sepatu di sembarang tempat." Ingat, yang dikritik ialah perilakunya.
  • Jangan pakai kekerasan. Sekalipun hanya dengan sedikit cubitan atau sentilan. Karena, sekali saja dilakukan, Anda akan terdorong untuk melakukannya lagi di lain waktu. Lama-lama si kecil belajar bahwa kekerasan merupakan satu bentuk penyelesaian masalah.
  • Beri hukuman sesuai pelanggarannya. Misal, ia mencoret-coret tembok. Jangan hukum ia dengan melarangnya nonton TV. Tak ada hubungan sama sekali antara nonton TV dengan mencoret-coret tembok. Sebaiknya, ajak si kecil bersama-sama Anda membersihkan bekas coret-coretan itu.
  • Jangan berharap si kecil akan segera berdisiplin begitu aturan ditetapkan dan diterapkan. Perlu waktu untuk mengulang-ulang bahwa sesuatu itu salah atau tak boleh dilakukan, sebelum akhirnya anak mengerti. Ingat, kemampuan berpikir anak usia ini masih terbatas.
  • Anda pun harus disiplin. Ingat, salah satu karakteristik anak usia ini ialah meniru, terutama meniru ayah-ibunya. Nah, jadilah model yang benar bagi si kecil.
  • Ciptakan lingkungan yang aman di rumah, antara lain dengan menyingkirkan segala barang/benda yang dapat membahayakan si kecil. Sehingga, Anda tak harus bikin banyak aturan/larangan dan ia pun bisa memuaskan rasa ingin tahunya dengan aman. 

        Kita semua, baik anak sekolah, kanak-kanak atau orang dewasa, memerlukan disiplin. Kita merasa jauh lebih bahagia dan lebih aman bila kita memiliki gaya hidup yang disiplin dan tahu benar di mana kita berada. Anak-anak paling bahagia bila mereka tahu bahwa orangtua mereka bersatu, konsisten dan cukup peduli untuk memperhatikan bagaimana mereka bersikap.

         Membesarkan anak bukan permainan tetapi akan lebih damai jika semua pemain tahu peraturannya dan tidak ragu bahwa wasitnya adil dan berwenang.

Entri Populer


---- SD --- SMP --- SMA ----

Info pendaftaran

Menerima siswa baru/pindahan (SD-SMP-SMA) untuk tahun ajaran 2012/2013. Bagi yang berminat silahkan menghubungi: (021)7666238 atau langsung datang ke alamat: Jl. Bango Raya no.31C, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450.

statistik

Google Translate

Author

Foto saya
Homeschooling Primagama cabang: Pondok Labu - Jakarta, di Jl. Bango Raya no.31C Jakarta Selatan (12450) ini berdiri pada tahun 2008 (tahun ajaran 2008/2009). izin: 0130-0133/JT/2010/6827/31

Parent meeting

Parent meeting
Konsultasi dgn orang tua siswa dilakukan sesuai jadwal

Konseling Siswa

Konseling Siswa
Konseling siswa HSPG juga dilakukan sesuai jadwal.

Kegiatan Siswa

Kegiatan Siswa
Belajar Komunikasi - Wawancara

Cinematografi

Fotografi

Olahraga Bulutangkis

Belajar menanam padi
Diberdayakan oleh Blogger.