Melatih Disiplin Bersama Pengasuh

Diposting oleh Homeschooling Primagama di 17.17

          Sudah jamak terjadi kalau pada saat ini anak lebih banyak tumbuh bersama pengasuh karena kedua orang tuanya sibuk bekerja. Walaupun begitu, tidak berarti anak tidak bisa dilatih berdisiplin. Yang penting adalah minta si pengasuh mengikuti pola yang telah dibuat di dalam keluarga. Jangan sampai kemudian anak beranggapan, "Ah, lebih enak kalau tidak ada Mama-Papa, enakan sama si Mbak, enggak banyak peraturan." 

          Tinggalkan catatan untuk si pengasuh mengenai hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan oleh anak. Misalnya:
  • Aturan Makan: Boleh makan camilan yang ada di lemari atau di kulkas. Tapi tidak boleh membeli jajanan di warung. Makan harus di meja makan atau boleh di halaman belakang saat cuaca cerah (tidak hujan dan tidak terlalu panas). Sesekali boleh makan popcorn sambil nonton VCD kartun.
  • Aturan Mainan: Mainan anak-anak ada di kamar dan ruang bermain, usahakan mereka tetap bermain di ruangan itu. Buku-buku bacaan mereka ada di ruang baca. Di garasi ada lemari untuk menyimpan alat olah raga, seperti bola dan sepatu roda, tapi tidak boleh digunakan di dalam rumah. Setelah selesai bermain, anak-anak harus membantu membereskan mainannya dan mengembalikan buku bacaan di tempatnya.
  • Nonton tv/main video games: Anak-anak boleh menonton VCD kartun yang ada di rak VCD. Untuk menonton acara tv, tanyakan lebih dahulu pada bapak/ibu, acara apa yang akan mereka tonton. Dan tidak boleh lebih dari satu jam tiap harinya.
  • Waktu Tidur: Anak-anak sudah harus memakai baju tidur pukul 20.00 setelah sebelumnya cuci tangan, cuci kaki dan gosok gigi. Setelah di tempat tidur, lampu masih boleh menyala dan pintu kamar terbuka, tapi mereka tidak boleh turun lagi dari tempat tidur kecuali untuk ke kamar mandi.

oleh: Marfuah Panji Astuti

Entri Populer


---- SD --- SMP --- SMA ----

Info pendaftaran

Menerima siswa baru/pindahan (SD-SMP-SMA) untuk tahun ajaran 2012/2013. Bagi yang berminat silahkan menghubungi: (021)7666238 atau langsung datang ke alamat: Jl. Bango Raya no.31C, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450.

statistik

Google Translate

Author

Foto saya
Homeschooling Primagama cabang: Pondok Labu - Jakarta, di Jl. Bango Raya no.31C Jakarta Selatan (12450) ini berdiri pada tahun 2008 (tahun ajaran 2008/2009). izin: 0130-0133/JT/2010/6827/31

Parent meeting

Parent meeting
Konsultasi dgn orang tua siswa dilakukan sesuai jadwal

Konseling Siswa

Konseling Siswa
Konseling siswa HSPG juga dilakukan sesuai jadwal.

Kegiatan Siswa

Kegiatan Siswa
Belajar Komunikasi - Wawancara

Cinematografi

Fotografi

Olahraga Bulutangkis

Belajar menanam padi
Diberdayakan oleh Blogger.