Mendampingi Anak Belajar

Diposting oleh Homeschooling Primagama di 02.49

          Anak kita memiliki ciri perkembangannya yang khas dalam belajar pada tiap masa kehidupannya. Sebagai orangtua, kita dapat menjadi penolong yang jauh lebih efektif bila kita memahami apa yang dibutuhkan anak kita sesuai dengan masa pertumbuhannya. Berikut akan kami sampaikan beberapa hal yang dapat kita lakukan agar anak-anak kita dapat menguasai keterampilan belajar secara lebih optimal. Pada saat yang sama, kita pun dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi. Dalam banyak hal, karena kurangnya pemahaman, banyak orangtua tanpa disadari justru menghambat tumbuhnya keterampilan belajar pada anak-anaknya.
  
MASA SEKOLAH DASAR
          Masa sekolah dasar merupakan masa sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan dasar-dasar pola belajar yang sudah ditanamkan pada masa prasekolah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan orangtua untuk membangun keterampilan belajar anak-anaknya antara lain:
  • Kembangkan kemampuan baca dan tulis.
  • Bantu anak membangun pola belajar mandiri.
  • Ajarkan anak ketekuanan dan ketelitian. 
  • Berikan fasilitas belajar yang dibutuhkan untuk mengerjakan PR-nya.  
  • Berikan hadiah dengan bijaksana.

MASA REMAJA
          Pada masa remaja, ketika anak masuk ke SMP dan SMA orangtua untuk membimbing anaknya akan berubah 180 derajat. Jika pola yang diterapkan pada usia SD tetap diteruskan, hasilnya justru lebih sering kurang efektif atau bahkan akan gagal total. Untuk itu, orangtua perlu sangat hati-hati pada masa remaja ini sehingga dapat terus menjadi penolong bagi anaknya. Beberapa kiat yang dapat diterapkan pada masa ini antara lain:
  • Jangan terlalu banyak menanyakan tugas anak.
    Pada masa ini orangtua harus lebih banyak memberikan kebebasan pada anak untuk belajar secara mandiri, bahkan untuk bergumul dengan kegagalan maupun keberhasilan.
  • Berikan bantuan jika diminta dan usahakan bantuan seminimal mungkin.
    Orangtua perlu membantu jika anak meminta bantuan. Tetapi, prinsipnya, jangan sampai anak tergantung kepada kita dalam mengerjakan tugasnya. Berikan bantuan seperlunya saja. Bantuan tidak harus langsung untuk memecahkan masalah. Kadang-kadang, kita hanya perlu memberi rangsangan agar dia dapat memecahkan masalahnya sendiri. Berikan rangsana supaya bukan selalu anda yang mengajari anak, tetapi bagaimana anak mengajari anda.
  • Jangan sepelekan masalah emosi, kesehatan dan status sosial.
    Menurunnya prestasi belajar tidak selalu karena kemampuan intelektual yang kurang atau karena kemalasan. Anak remaja banyak diganggu oleh masalah emosi dalam pergaulan, kesehatan atau konflik di antara kelompok mereka. Orangtua perlu mendampingi anak sebagai pendengar yang baik dan mencoba untuk memahami pergumulan mereka di luar lingkup kegiatan belajar di sekolah. kadang-kadang tanpa menyinggung masalah nilai prestasi anak dapat meningkat karena ia merasa sebagian beban hidupnya sudah dipikul bersama kedua orangtuanya.
  • Hargai minat dan bakat anak.
    Anak tidak harus selalu mendapat nilai bagus dalam semua bidang. Jika anak lebih berminat pada matematika dan tidak mempunyai bakat dalam pelajaran bahasa, kita harus memberikan peluang kepada anak untuk lebih menekuni matematika dan rela hati menerima nilai bahasa yang tidak setinggi nilai matematika. Arahkan anak untuk memilih jurusan yang sesuai dengan bakatnya dan hargai minatnya itu. Jika anak memilih jurusan sesuai minatnya, kemungkinan untuk berprestasi jauh lebih besar dibandingkan jika dia memilih jurusan yang hanya sekadar memenuhi keinginan hati orangtua. Anak yang memilih jurusan yang bukan pilihannya sendiri cenderung bermasalah karena hatinya memberontak dan tidak puas.
         

          Kiranya kiat-kiat di atas dapat membawa manfaat bagi anda dan dapat memberi tambahan bekal dalam mendampingi anak-anak agar mereka dapat menguasai pola belajar yang efektif dan bertumbuh menjadi pribadi-pribadi yang mandiri.
oleh: miss Martha (guru HSPG)

Entri Populer


---- SD --- SMP --- SMA ----

Info pendaftaran

Menerima siswa baru/pindahan (SD-SMP-SMA) untuk tahun ajaran 2012/2013. Bagi yang berminat silahkan menghubungi: (021)7666238 atau langsung datang ke alamat: Jl. Bango Raya no.31C, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450.

statistik

Google Translate

Author

Foto saya
Homeschooling Primagama cabang: Pondok Labu - Jakarta, di Jl. Bango Raya no.31C Jakarta Selatan (12450) ini berdiri pada tahun 2008 (tahun ajaran 2008/2009). izin: 0130-0133/JT/2010/6827/31

Parent meeting

Parent meeting
Konsultasi dgn orang tua siswa dilakukan sesuai jadwal

Konseling Siswa

Konseling Siswa
Konseling siswa HSPG juga dilakukan sesuai jadwal.

Kegiatan Siswa

Kegiatan Siswa
Belajar Komunikasi - Wawancara

Cinematografi

Fotografi

Olahraga Bulutangkis

Belajar menanam padi
Diberdayakan oleh Blogger.